WHAT TIME IS IT....?????

Wednesday, December 29, 2010

Antara Setuju dan Tidak

Dalam permainan ini pertama kita diminta menyampaikan pendapat terhadap suatu pernyataan dengan menggunakan “Ya Tapi”. Ini menyatakan kita menyangkal pernyatan yang disampaikan. Namun kemudian kita berpendapat menggunakan kata “Ya Dan” yang menyatakan kita setuju terhadap pendapat yang disampaikan.
1. Berusaha mempertahankan pendapat
Dalam permaina ini kita memberikan pendapat atas suatu pernyataan. Ketika kita menggunakan kata “Ya Dan” kita membatu meyakinkan pertanyaan yang dibuat dengan kata tersebut. Ini menunjukkan kita sepakat dengan teman lawan bicara kita. Maka dengan begitu kita akn lebih mudah mempertahankan pendapat tersebut. Namun, ketika kita menggunakan kata “Ya Tetapi”, pendapat yang kita lontarkan berbeda dengan teman lawan bicara kita. Ini yang kadang kita merasa kesulitan untuk menemukan kata-kata yang cocok untuk mempertahakan pendapat kita dan agar bisa meyakinkan orang lain tentang pendapat kita. Maka dari itu, kita di sini untuk melatihnya.
2. Berpikir kreatif
Dalam permainan ini kita diiminta untuk memberikan ide-ide yang mendukung ataupun melawan suatu pernyatan. Di sini kita dilatih berpikir kreatif mencari ide-ide pendukung atau ide-ide penyangkal suatu pernyataan. Inilah nantinya yang akan semakin melatih kita berpikir kreatif mencari-cari ide. Dengan begitu, ketika suatu saan kita diminta memberikan ide atau penyangkalan kita dengan cepat bisa memikirkan pernyataan yang tepat.
3. Melatih keaktifan berpikir
Permainan ini membuat kita untuk mengaktifkan otak untuk berpikir lebih aktif. Ini juga baik agar saraf pada otak tidak mati.
4. Adaptasi
Dalam permainan terakhir yang dibagi menjadi 2 kubu untuk mendiskusikan suatu topik. Kubu satu pro dan lainya kontra. Adaptasi dibutuhkan bagi peserta yang seharusnya memiliki pendapat pro namun dia terbagi dalam grup kontra. Maka ia harus beradaptasi dengan keadaan yang ada. Agar diskusi dapat berjalan dengan baik, setiap anggota harus aktif mmeberikan pendapatannya walaupun tidak sesuai dengan pendapat pribadiny namun dalam permainan kita harus beradaptasi.
5. Belajar memberikan dukungan
Jika kita menggunakan “ya dan” maka kita dilatih untuk menyatakan pernyataan kita setuju pada suatu pernyataan. Jangan kita hanya diam saja jika setuju, tapi juga memberikan pernyataan-pernyataan yang mampu menguatkan suatu pendapat tersebut. Agar diskusi dapat hidup.
6. Belajar menyangkal pendapat
Jika dirasa pernyatan yang diampaikan dirasa tidak sesuai dengan pendapat kita maka kita harus bisa nenyampikan ketidaksetujuan kita dengan pernyataan tersebut dengan menggunakan “ya tapi”. Dengan kita belajar mengeluarkan pendpat untuk menyangkal maka ketika nantinya ada pernyataan yang tidk sesuai kita bisa menyangkalnya dengan bahasa yang baik tanpa menyinggung si pemberi pernyataan.

No comments:

Post a Comment